Penjelasan Arsitektur Komputer dan Organisasi Komputer

Arsitektur computer

A.  Arsitektur computer


 Arsitektur computer adalah lebih cendrung dikategorikan pada kajian atribut-atribut sistemkomputer yang terkait dengan seorang programmer.Con
jump break

toh : set instruksi, aritmatika yang digunakan teknik pengalamatan, mekanisme I/O. Arsitektur computer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan system interkoneksinya). Contoh aspek operasionalnya adalah teknologi hardware, perangkat antar muka atau interface, teknologi memori, system memori, dan sinyal-sinyal kontrol.
Arsitektur computer ini merupakan rencana cetak-biru (blueprint) dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan system interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokus kan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan kememori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur computer  ini adalah arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue Gene.
Arsitektur   computer  mempelajari atribut-atribut system komputer yang terkait dengan seorang programmer, dan memiliki dampak langsung pada eksekusilogis sebuah program. Sebagaimana contoh: set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/0.
Arsitektur computer ini paling tidak mengandung 3 sub-kategori:
1.   Set instruksi (ISA)
2.   Arsitektur mikrodari ISA, dan

3.   Sistem desain dari seluruh komponen dalam perangkat keras computer ini.


B. Organisasi Computer


organisasi computer adalah bagian yang terkait  erat dengan unit-unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistemkomputerdalammerealisasikan aspek arsitekturnya. Biasanya mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit operasional computer dan hubungan antara komponen-komponen sister komputer.
Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, dan sinyal-sinyal kontrol. Arsitektur computer lebih cenderung pada kajian atribut-atribut system komputer yang terkait dengan seorang programmer.Contohnya, set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.
Sebagai contoh apakah suatu computer perlu  memiliki instruksi pengalamatan pada memori merupakan masalah rancangan arsitektural. Apakah instruksi pengalamatan tersebut akan diimplementasikan secara langsung atau kah melalui mekanisme cache adalah kajian organisasional.
Jika organisasi computer mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit operasional computer dan hubungan antara komponen system computer,dan interkoneksinya yang merealisasikan spesifikasi arsitektural. Contoh: teknologi hardware, perangkat antarmuka (interface), teknologi memori, system memori, dan sinyal–sinyal kontrol.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

comments
July 29, 2017 at 4:14 AM delete

makasih banyak, tambah wawasan dan ilmu...

Reply
avatar