Layanan-Layanan Pada Mail Server

  
mail server
Add caption
  Review Pengenalan protokol SMTP (outgoing email)

1. SMTP Server : Saat anda mengirimkan email maka email anda akan ditangani SMTP Server dan akan dikirim ke SMTP Server tujuan, baik secara langsung maupun melalui beberapa SMTP Server dijalurnya. Apabila server tujuan terkoneksi maka email akan dikirim, namun apabila tidak terjadi koneksi maka akan dimasuk

jump break

an ke dalam queue dan di resend setiap 15 menit, apabila dalam 5 hari tidak ada perubahan maka akan diberikan undeliver notice ke inbox pengirim.SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) merupakan salah satu protokol yang umum digunakan untuk pengiriman surat elektronik di Internet. Protokol ini dipergunakan untuk mengirimkan data dari komputer pengirim surat elektronik ke server surat elektronik penerima. Protokol ini timbul karena desain sistem surat elektronik yang mengharuskan adanya server surat elektronik yang menampung sementara sampai surat elektronik diambil oleh penerima yang berhak.

SMTP hanya protokol yang melakukan “push”, artinya dia hanya bisa mengambil email dari client tetapi tidak bisa melakukan “pull”, yaitu melayani pengambilan email di server oleh client. Pengambilan pesan atau email tersebut dilakukan dengan menggunakan protokol tersendiri yaitu protokop POP3 (Post Office Protokol) atau IMAP (Internet Message Access Protocol).
POP3 (Post Office Protocol version 3) adalah protokol email yang digunakan untuk mengambil email dari server. Protokol POP3  ditujukan agar ada yang menampung email untuk sementara sampai email tersebut diambil oleh penerimanya di komputernya.
IMAP (Internet Message Access Protocol) adalah protokol standar untuk mengakses atau mengambil email dari server. IMAP memungkinkan pengguna memilih pesan email yang akan diambil, membuat folder di server, mencari pesan email tertentu, maupun menghapus pesan email yang ada. Jelas ini jauh lebih baik daripada POP (Post Office Protocol) yang hanya memperbolehkan kita mengambil/download semua pesan yang ada tanpa kecuali. Dengan IMAP terjadi komunikasi dua arah, sehingga terjadi sinkronisasi data. Berbeda dengan POP yang hanya satu arah, yaitu download saja dari email server ke komputer.


2.      Review Instalasi dan Konfigurasi Mail Server

Langkah-Langkah :

·         Sebelum konfigurasi Web Mail Server, pahami dulu tentang Web Server Linux, dan Mail Server Linux
-          masuk pada direktory /etc/apache2/sites-enabled/000-default
-          konfigurasi file 000-default

·         Tambahkan virtualhost di line paling bawah,
-          ServerName adalah alamat dari domain maupun subdomain dari web server
-          ServerAlias adalah alat domain alternatif dari web server.
-          DocumentRoot adalah direktory dari halaman yang akan anda tampilkan /usr/share/squirrelmail (default tempat dari squirrelmail)

·         Install paket squirrelmail.
-          paket squirrelmail ini cukup besar ukurannya, karena meyimpan banyak script html.

·         Restart Service apache2.

·         Masukkan alamat dari subdomain web server anda,(mail.kelompok1.com).
-          pastikan anda sudah memiliki user dan password, kalau belum silakan buka cara konfigurasi mail server linux.

·         Proses berikirim mail.

·         Proses Menerima mail.


3.      Inbond troubleshooting

Langkah-langkah berikut menganggap:
Seorang pengguna John (john@BusinessPartner.com) ingin mengirim email ke Mary (mary@YourCompany.com). John adalah pengguna di Internet yang mungkin atau mungkin tidak menggunakan Xeams. Maria adalah pengguna pada jaringan Anda dan email nya melewati Xeams

1)      Langkah 1 - John mengirim email ke Mary. John SMTP server menerima pesan.

2)      Langkah 2 - Johns server SMTP tidak lookup MX untuk menemukan alamat IP dari server SMTP Maria. Jika John SMTP server tidak dapat menemukan catatan MX, maka akan menghasilkan NDR (laporan tidak terkirim) kembali ke John memberitahukan server tidak ditemukan.

3)      Langkah 3 -. Pesan melewati firewall Maria

4)      Langkah 4 - Pesan diterima oleh Xeams.

5)      Langkah 5 - Pesan melewati beberapa filter. Setiap filter memberikan skor.

6)      Langkah 6 -. Pesan disimpan di repositori lokal
           
7)      Langkah 7 - Pesan diteruskan ke server email perusahaan. (Berlaku di Spam Filter atau dalam mode Hybrid ). Merujuk ke file SMTPOuboundConversation.log untuk melihat apakah pesan berhasil diterima oleh server penerima. Anda juga bisa mengacu pada penebangan apapun yang tersedia di server email perusahaan Anda.

8)      Langkah 8 - Pesan yang diambil oleh pengguna. (Berlaku di Berdiri Sendiri atau dalam mode Hybrid ). Pesan baik diambil dengan menggunakan IMAP atau protokol POP3. (xeams, 2015)


4.      Outbond trouble shooting
Web Proxy klien tidak dapat meng-upload ke situs FTP. Gejala: Web Proxy klien tidak dapat meng-upload ke situs FTP. Pesan berikut mungkin muncul: "Folder FTP_Name adalah read-only karena server proxy tidak diatur untuk memungkinkan akses penuh."
Masalah: Ketika komputer klien membuat permintaan sebagai klien Web proxy, permintaan FTP dilewatkan melalui HTTP, dan hanya download FTP yang didukung.
Solusi: Instal Firewall Client untuk ISA software Server untuk mengkonfigurasi komputer sebagai klien Firewall, atau mengkonfigurasi komputer sebagai klien SecureNAT. Untuk informasi lebih lanjut tentang konfigurasi klien, lihat "Konsep Client internal di ISA Server 2006" di ISA Server TechCenter . Anda mungkin tidak harus menghapus pengaturan Web proxy pada klien. Misalnya, browser seperti Internet Explorer akan mencoba untuk membuat permintaan klien SecureNAT sebelum membuat permintaan Web proxy. Sukses tergantung pada kemampuan browser untuk menyelesaikan nama server FTP ke alamat IP.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »